Pages

Selasa, 23 Juli 2013

Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

Memilih jurusan kuliah memang susah-susah gampang. Tidak sedikit juga yang ternyata salah jurusan". Orang tua juga mempunyai peran yang sangat vital demi kesuksesan putra-putri nya di masa depan. Jangan hanya mengedepankan ego yang akhirnya anaklah yang menjadi korban ego anda ( orang tua ).

Kita semua bisa melihat betapa persaingan baik dalam menembus bangku perkuliahan maupun kursi empuk jabatan ketika sudah lulus kuliah nanti. Semakin hari semakin berat. Menjadi diri sendiri bisa jadi merupakan sebuah solusi. Jati diri, apa yang disukai, hobi, bakat bisa dikaitkan dengan jurusan apa yang hendaknya harus diambil. Karena menurut pengamatan berbagai referensi yang kami dapatkan, jurusan yang tepat dan cocok akan sangat mampu menunjang kesuksesan di masa mendatang. Pada kesempatan kali ini, kami akan sedikit memberikan beberapa tips bagaimana cara memilih jurusan kuliah paling tepat.

Berikut beberapa CARA MEMILIH JURUSAN KULIAH paling tepat :

1. Telusuri bakat dan minat pribadi anda sebelum benar-benar memutuskan untuk mendaftar di jurusan yang akan anda pilih. Hal ini sangat berpengaruh besar terhadapa kelangsungan proses belajar dan masa depan anda semua. Coba anda bayangkan, misalanya anda ingin menjadi seorang engineer dibidang konstruksi yang sangat handal yang memang sudah sejak lama anda impikan. Apa jadinya jika anda justru mendaftar di jurusan Ekonomi? seharusnya jika anda ingin menjadi seorang engineer, anda harus mengambil jurusan teknik. Jadi, sejak awal anda harus mengetahui dahulu apa bakat dan minat anda. Teliti sebelum memutuskan agar kelak tidak ada rasa penyesalan yang akan terus menghantui.

2. Jika target jurusan sudah ada di tangan dan memang sudah sangat mantap, segera cari informasi sebanyak mungkin mengenai jurusan yang anda incar. Entah informasi itu berasal dari teman, koran, internet dan lain-lainnya yang pasti anda harus benar-benar mencari referensi sebanyak mungkin agar semuanya lebih jelas dan tidak menimbulkan kebingungan.

3. Tentukan universitas mana yang akan anda incar. Hal ini juga sangat penting, mengingat kualitas universitas juga menjadi sebuah patokan penting ketika anda sudah lulus kelak dan menggunakan ijazah anda untuk melamar pekerjaan. Perbanyak informasi mengenai universitas di Indonesia. Untuk universitas Negeri memang lebih banyak diminati. Namun, banyak juga universitas swasta yang memang mempunyai kualitas yang bagus.

4. Plan B. Rencana cadangan. Ini sangat penting. Karena ketika ternyata anda tidak tembus di jurusan yang anda incar untuk proioritas pertama, anda sudah mempunyai ancang-ancang dan gambaran yang jelas mengenai apa yang harus anda pilih untuk pilihan kedua jika rencana awal anda gagal total. Rencana cadangan juga perlu anda siapkan. Gagal di jurusan A masih punya cadangan jurusan B. Namun biasanya ketika penerimaan mahasiswa baru memang disediakan tidak cuma 1 jurusan saja ketika mendaftar di universitas. Pikirkan baik-baik jurusan cadangan incaran anda.

5. Lokasi. Penentuan lokasi kuliah juga harus menjadi perhatian. Tentukan lokasi kuliah di kota tempat tinggal atau ke luar kota. Lokasi tempat perguruan tinggi berada sebaiknya yang mudah diakses, tersedia sarana transportasi yang memadai dan bagi yang di luar kota juga tersedia tempat kost yang baik.

6. Peluang diterima. Berapa jumlah kursi dan berapa jumlah pesaing anda. Hal ini bisa anda lihat dari data tahun sebelumnya. Biasanya akan ada data berapa jumlah peserta yang mengincar jurusan tersebut. Dan tentu saja ada juga data berapa kursi yang diperebutkan. Jadi, anda bisa memperoleh gambaran berapa peluang diterima ketika bersaing merebut jurusan yang anda incar tersebut.

7. Biaya. Faktor biaya juga mempunyai peran yang sangat vital. Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya anda amati dan gali informasi sebanyak mungkin mengenai biaya perkuliahan yang dibutuhkan di jurusan yang akan anda pilih. Jika anda merasa orang tua anda mampu membiayai kebutuhan kuliah anda kelak, ya mungkin itu bukanlah menjadi sebuah persoalan penting yang harus dibahas. yang jadi masalah adalah ketika anda termasuk ( "maaf" ) dalam kalangan ekonomi yang bisa dikatakan pas-pas an, hal ini seringkali menjadi sebuah batu sandungan tersendiri. Salah satu solusi untuk masalah ini biasanya ada beasiswa. Oleh karena itu, rajin-rajinlah mencari informasi tentang semua hal yang berkaitan dengan beasiswa. Namun, bagi yang memang sudah mampu, ya alangkah lebih baik tidak ikut mengambil beasiswa, lebih baik benar-benar diberikan kepada orang yang memang membutuhkannya.

8. Karier dan pekerjaan. Hal berikutnya yang harus dipertimbangkan dengan sangat matang dan serius adalah apakah setelah lulus nanti ada kepastian karir dan pekerjaan yang didapatkan. Pilih perguruan tinggi yang memang sudah terbukti menghasilkan lulusan yang siap terap dan memiliki jaringan kerjasama dengan industri sehingga memudahkan lulusan mencari pekerjaan. 

9. Berdoa kpd Tuhan Yang Maha Esa. Kita hanyalah manusia biasa. Makhluk yang pasti pernah melakukan kesalahan,Pasrahkan semuanya pada-Nya tapi ingat! jangan lupa berusaha juga ya... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar