Pages

Kamis, 19 September 2013

fungsi2 pemerintahan

Fungsi Pemerintahan
Negara adalah organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan ditaati oleh rakyatnya. Penyelenggaraan kehidupan negara tersebut dilaksanakan oleh pemerintahan negara. Menurut teori ilmu politik, ada bermacam-macam fungsi Negara. Teori tentang fungsi-fungsi negara itu antara lain anarkisme, individualism, sosialisme, komunisme, sindikalisme, guild socialism, fascism dan kolektivisme empiris.
a.      Anarkisme
Anarkisme dapat diartikan sebagai suatu tindakan atau sikap penyangkalan dari negara dan pemerintah serta penyangkalan dari semua tujuan dan fungsi negara.
b.      Individualisme
Menurut paham ini, fungsi pemerintahan negara, yakni menjalankan fungsi-fungsi yang tujuannya memelihara dan mempertahankan keamanan dan ketertiban individu dan masyarakat.
c.       Sosialisme
Sosialisme merupakan suatu gerakan sosial yang menghendaki campur tangan pemerintah yang seluas-luasnya dalam bidang perekonomian. Sosialisme menganggap negara sebagai organisasi yang dapat mewujudkan cita-cita sosial.
d.      Komunisme
Komunisme bertujuan memperluas fungsi negara dan menuntut penguasaan bersama dari alat-alat produksi. Komunisme berbeda dengan sosialisme karena komunisme lebih bersifat revolusioner, sedangkan sosialisme bersifat evolusioner.
e.       Sindikalisme
Sindikalisme berasal dari kata dalam bahasa Perancis syndicat yang berarti serikat pekerja. Sindikalisme merupakan suatu gerakan politik yang dimulai di Perancis sekitar tahun 1890.
f.       Guild Socialism
Guild socialism merupakan suatu gerakan yang bersifat khas Inggris. Paham ini mengajarkan bahwa dalam badan-badan koperasi umum akan menguasai alat-alat produksi dan akan menyelenggarakan tugas-tugas kenegaraan dalam bidang kesejahteraan.
g.      Fascisme
Fascisme sebagai gerakan politik yang dibentuk Bennito Mussolini mempunyai sifat-sifat yang khas yaitu kediktatoran dan ketotaliterannya, serta dianutnya doktrin organis mengenai negara.
h.      Kolektivisme Empiris
Kolektivisme empiris merupakan paham yang berusaha mengutamakan kesejahteraan kolektif (bersama) dengan menyediakan jasa-jasa yang tidak dapat diberikan oleh usaha-usaha swasta. Paham ini mendasarkan diri pada pengalaman (empiris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar